SQL Server : A network-related or instance-specific error occurred while establishing a connection to SQL Server

Share on :
Mungkin itulah salah satu error yang paling sering ditanyakan oleh rekan-rekan di milis SQLServer-Indo. Error ini terjadi pada saat kita akan melakukan koneksi ke sebuah database server.

image


Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk men-solve error tersebut, dan berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Cek status server

Mungkin ini kedengarannya sederhana, tapi kita harus memastikan bahwa database server tujuan kita sudah dinyalakan. Selain itu kita harus memastikan tidak ada masalah pada jaringan LAN. Untuk mengecek-nya kita dapat menggunakan perintah ping pada command prompt.


image


2. Cek status database engine

Cek status database engine dengan menggunakan SQL Server Configuration Manager dan pastikan service database engine telah berjalan.


image


3. Check Status Protocol Named Pipes SQL Server

Check status Shared Memory, Named Pipes, dan TCP/IP menggunakan SQL Server Configuration Manager dan pastikan status-nya Enabled.


image


4. Check Firewall

Lakukan pengecekan di firewall untuk melihat apakah port yang digunakan oleh SQL Server di-blok atau tidak. Secara default, SQL Server menggunakan port 1433. Pastikan port tersebut dibuka agar koneksi ke SQL Server dapat dilakukan dari luar server. Pada gambar dibawah saya menambahkan sebuah Inbound Rules dengan nama SQL Server yang membuka port 1433.


image


Sumber >> http://sqlserver-indo.org/blogs/si_hendrik/archive/2010/02/21/a-network-related-or-instance-specific-error-occurred-while-establishing-a-connection-to-sql-server.aspx

::: Silahkan Gunakan Facebook Comment, Jika Anda Belum Memiliki URL Blog!!! :::

0 comment on SQL Server : A network-related or instance-specific error occurred while establishing a connection to SQL Server :

Post a Comment and Don't Spam!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Semua konten atau isi yang di posting di toeflay.blogspot.com, merupakan hak cipta masing-masing pemilik. Jika Anda pemilik hak cipta dari suatu konten atau isi dan tidak ingin ditampilkan dalam toeflay.blogspot.com, Anda dapat mengirimkan email pemberitahuan dan saya akan segera menghapus konten atau isi yang bersangkutan. Klik Contact Me untuk tindak lebih lanjut.

[Sumber artikel dapat dilihat pada footer di setiap postingan]

toeflay.blogspot.com
 

Guest Book

Blog Stats


Join Our Fan Page on Facebook!