Definisi dan Bahaya Dioxin

Share on :
Apa itu Dioxin?
Dioxin adalah salah satu dari ratusan senyawa kimia beracun yang larut dalam lemak dan sangat stabil di lingkungan sehingga bakteri di alam-pun tidak bisa menguraikannya, nama lengkapnya: Tetraclorodibenzo-p-dioxin atau disingkat TCDD rumus kimianya : C12H4O2Cl4

Darimana asal Dioxin?
Dioxin bukan berasal dari alam, tapi dari hasil sampingan proses industri yang terbentuk oleh pembakaran senyawa kimia yang mengandung Clorine. 95% dioxin yang ada di lingkungan berasal dari pembakaran sampah yang telah terchlorine pada industri-industri pembuat paper dan pulp mills, PVC (polyvinyl cloride) plastics, PCB yang menggunakan Ferrycloride (FeCl3), pestisida dan industri2 kimia.

Bagaimana manusia terkena dioxin?
Sifat Dioxine adalah hydrophobic artinya bila dia ada di dalam air ia tidak akan terurai oleh air dan akan masuk kedalam ikan (dalam lemaknya) dan juga masuk ke dalam binatang-binatang lainnya yang minum dari air itu, atau makan ikan itu dan seterusnya sampai ke puncak piraminda rantai makanan yaitu manusia.

Karena Dioxin larut dalam lemak, dia akan terus terakumulasi sepanjang rantai makanan, dan kebanyakan (97.5%) diketemukan di daging, dairy products, milk, ayam, babi, ikan, telur dll. Di ikan air tawar sendiri racun dioxin telah menumpuk sampai level 100.000 kali di bandingkan di lingkungannya.Hasil-hasil tanaman: biji2an, sayur dan buah2an sedikit sekali terkena dioxin karena dioxin larut dalam lemak.

Manusia Pria tidak ada mekanisme otomatis untuk mengeluarkan dioxin dari tubuhnya, hanya bisa berusaha agar tidak terkena lagi. Wanita sebaliknya memiliki 2 cara untuk mengeluarkan dioxin dari tubuhnya yaitu melewati placenta ke dalam janin yang sedang tumbuh dan melalui proses menyusui kepada anaknya, tapi anaknya sekarang yang 'kena'. Tapi kalau kemudian ibunya tidak vegetarian ya kemungkinan akan terkena lagi.

Apa efek kesehatan bila terkena dioxin dan senyawa2 seperti dioxin?
Dioxin menyerang sel2 receptor yang dirancang untuk mengatur kerja hormon2 dan enzym2 sehingga:

1. Merusak enzym : aryl hydrocarbon hydroxylase yang menyebabkan gejala kanker.
- Kejadian kanker testis berlipat 3X dalam 50 th. terakhir dan kanker prostat berlipat 2X.
- Th. 1960 kemungkinan wanita terkena kanker payudara selama hidupnya 1:20 sekarang resikonya berubah menjadi 1:8.

2. Merusak hormon2:
- Jumlah kepadatan sperma laki2 seluruh dunia turun 50% dibandingkan 50th. yang lalu.
- Endometriosis - tumbuhan yang menyakitkan di luar uterus yang biasanya jarang ditemukan dulu, sekarang penyakit ini telah menjangkiti 5 juta wanita Amerika.

Berikut adalah daftar urutan makanan dengan prosentase terkena dioxin dalam satuan "parts per trillion":
1. Ikan air tawar 1.5 ppt
2. Mentega 1.1 ppt
3. Hotdog 0.6 ppt
4. Ikan air laut 0.5 ppt
5. Keju 0.42 ppt
6. Beef 0.41 ppt
7. Telur 0.38 ppt
8. Ice cream 0.38 ppt
9. Ayam 0.37 ppt
10. Babi 0.37 ppt
11. Susu 0.1 ppt
12. Vegetarian diet 0.05 ppt

Sumber : http://www.mail-archive.com/balita-anda@indoglobal.com/msg03577.html

::: Silahkan Gunakan Facebook Comment, Jika Anda Belum Memiliki URL Blog!!! :::

2 comment on Definisi dan Bahaya Dioxin :

S.T mengatakan... 27 Februari 2017 pukul 15.16

Untuk masyarakat mulai dari rumah tangga yang terkecil sampai ke pemukiman maupun didaerah industri yang sudah maju/modern diminta untuk tidak membakar sampah plastik, karena dioxin akan keluar dari hasil pembakaran plastik

S.T mengatakan... 27 Februari 2017 pukul 15.19

Kalau ibu-ibu suka membakar sampah terutama plastik, maka penyakit kanker akan berkembang dan lihatlah saat ini dirumah sakit mana saja berapa banyak yang dioperasi akibat kanker/tumor ? mungkinkah ini akibat dari dioxin ? bisa jadi !

Post a Comment and Don't Spam!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Semua konten atau isi yang di posting di toeflay.blogspot.com, merupakan hak cipta masing-masing pemilik. Jika Anda pemilik hak cipta dari suatu konten atau isi dan tidak ingin ditampilkan dalam toeflay.blogspot.com, Anda dapat mengirimkan email pemberitahuan dan saya akan segera menghapus konten atau isi yang bersangkutan. Klik Contact Me untuk tindak lebih lanjut.

[Sumber artikel dapat dilihat pada footer di setiap postingan]

toeflay.blogspot.com
 

Guest Book

Blog Stats


Join Our Fan Page on Facebook!